GuidePedia

0
BANDUNG (20/8) – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Bandung mendesak Pemerintah segera mengatasi kenaikan harga ayam di pasaran. Kenaikan yang mencapai Rp 40.000 itu dianggap sudah tidak wajar serta memberatkan pedagang tradisional dan masyarakat luas.

“Sebelumnya daging ayam ini menjadi pengganti daging sapi yang sangat mahal. Wajar bila dalam beberapa hari daging ayam turut naik seiring tingginya permintaan. Namun, saat ini harga daging sapi sudah mulai turun, tetapi harga daging ayam tetap tinggi,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan dalam siaran persnya, Kamis (20/8).

Tedy menjelaskan di Kota Bandung beredar selebaran yang menyatakan mulai Kamis (20/8) pedagang daging ayam melakukan mogok massal. Pantauan sementara, katanya, menurut pedagang daging ayam di Pasar Cihaurgeulis, mogok akan dimulai siang hari hingga 4 hari kedepan, yaitu Ahad (23/8).

“Para pedagang mengaku melakukan mogok sebagai aksi protes atas tingginya harga daging ayam. Mereka menyatakan tidak diuntungkan dari tingginya harga, tapi malah mengalami penurunan banyak pembeli yang diakibatkan oleh situasi ini,” jelasnya.

Terkait dengan hal tersebut Fraksi PKS DPRD Kota Bandung mendesak Pemerintah Kota Bandung untuk segera berkoordinasi dengan para pedagang, distributor, dan pemerintah provinsi. Menurut Tedy, pemecahan masalah distribusi daging ayam tergantung peran Pemkot dan Pemprov.

“Berbeda dengan masalah daging sapi, dimana pengusaha feedlotter (penggemukan sapi pedaging impor) tergantung dengan RPH (Rumah Pemotongan Hewan), Pemkot Bandung bisa mengoordinasikan. Sementara untuk daging ayam, distribusi sangat tergantung pada pemasok dari luar kota, seperti Tasikmalaya, Ciamis, dan lain-lain. Sehingga peran Pemprov sangat menentukan pula,” paparnya.

Tedy menambahkan peran pemerintah pusat dan aparat penegak hukum juga harus lebih maksimal, terutama dalam menyelidiki informasi mahalnya DOC (Day Old Chick) dari perusahaan besar dan mahalnya pakan.

“Jangan sampai ada mafia yang memainkan harga. Kecepatan pemerintah pusat dan pemprov sangat ditunggu, sehingga aksi mogok pedagang ayam tidak terjadi. Langkah alternatif terakhir, kami mendorong Pemkot Bandung meminta Bulog segera melakukan operasi pasar," ujarnya.


Ilustrasi: Dudi Iskandar (Relawan PKS Foto)

Post a Comment

 
Top