GuidePedia

0
JAKARTA (26/8) - Indonesia patut berbangga bisa merayakan kemerdekaannya hingga 70 tahun, sebagai bangsa yang majemuk usia kemerdekaan itu tidak mudah dipertahankan.

"Ada riak, konflik, secara keseluruhan Indonesia patut dibanggakan, miracle. Bangsa majemuk bisa mempertahankan itu semua," kata Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M. Sohibul Iman dalam Seminar Kebangsaan 'Refleksi 70 Tahun Indonesia Merdeka' yang digelar Fraksi PKS di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (26/8).

Menurutnya, hal itu bisa tercapai selama ini karena Indonesia memiliki modal sosial yang besar, yang dihasilkan dari interaksi antar elemen.

"Kemajukan dalam interaksi sosial menghasilkan kebaikan," kata Sohibul.

Dia menambahkan, Indonesia memiliki tiga modal utama yang dapat digunakan sebagai upaya memajukan bangsa. Pertama merasa memiliki bangsa, di mana pemikiran seluruh elemen bangsa harus diubah agar merasa memiliki Indonesia, dengan begitu muncullah nasionalisme tinggi. 

Kedua, rasa kebersamaan, di mana, kemajemukan yang ada di tengah masyarakat tidak boleh menghalangi dalam bekerja sama. Terakhir adalah rasa saling percaya di antara seluruh komponen bangsa, yakni saling percaya memiliki niat baik untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Saya percaya Indonesia yang besar dan disegani bangsa lain bisa terwujud dengan waktu yang tidak begitu lama. Tahun 2035 Indonesia akan dapat terwujud, 10 tahun lebih cepat dari Indonesia Emas 2045. PKS bertekad menjadikan komponen bangsa ingin terdepan dengan memelihara modal sosial," tegas Sohibul yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR.


Post a Comment

 
Top