GuidePedia

0
SRAGEN (6/8) – Calon Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengajak masyarakat Kabupaten Sragen terus bahu-membahu meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Bumi Sukowati. Hal itu disampaikan oleh Cabup yang diusung Koalisi Sukowati Bangkit (KSB) tersebut saat menggelar panen raya tomat bersama warga di Kecamatan Tanon, Sragen, belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, Sragen adalah wilayah di eks Karesidenan Surakarta yang merupakan daerah penghasil padi terbesar, bahkan Sragen pernah mengalami surplus rata-rata 205 ribu ton beras per tahun selama masa kepemimpinan Bupati Untung Wiyono.

Dengan produktivitas tersebut, tidak heran kalau Sragen juga dikenal sebagai salah satu Lumbung Padi Jawa Tengah. “Sragen kabupaten agraris yang potensi pertaniannya sangat luar biasa, ini (tomat) adalah salah satunya,” kata Yuni dalam siaran persnya, Kamis (6/8/2015).

Hingga saat ini, pengembangan tanaman pertanian di Sragen sudah sangat maju. Hal ini dibuktikan dengan luasnya tanaman padi organik Kecamatan Tanon tersebut. Di samping itu, kemampuan dan kemauan masyarakat dalam pertanian juga patut diacungi jempol karena mereka telah melaksanakan deversifikasi pertanian dengan menanam tomat, cabe, bawang merah, melon, dan semangka.

Dengan peluang tersebut, Yuni pun mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian yang dimiliki. “Kita harus bisa membuat Sragen lebih makmur lagi dengan meningkatkan potensi pertanian yang kita miliki,” ujar perempuan yang juga putri mantan Bupati Untung ini.

Sebagai informasi, Kabupaten Sragen memiliki luas 40 hektar lahan pertanian. Kawasan pertanian di Kabupaten Sragen mempunyai prospek yang baik, khususnya pertanian lahan basah. Kondisi tersebut, karena didukung oleh adanya saluran irigasi teknis dari Waduk Gajah Mungkur Wonogiri serta adanya tujuh waduk di Sragen yakni Gebyar, Blimbing, Kembangan, Botok, Brambang, Gembong, dan Ketro.

Yuni yang berpasangan dengan Dedy Endriyatno (Ketua DPD PKS Sragen) dalam Pilkada Sragen ini juga terus berkomitmen memajukan sektor pertanian di Kabupaten Sragen. Pilkada Sragen sendiri akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang.


Humas Sukowati Bangkit

Post a Comment

 
Top