GuidePedia

0
PALEMBANG (9/9) – Kabut asap akibat kebakaran hutan menjadi bencana tahunan terutama bagi masyarakat Sumsel, Jambi, dan Riau. Berkaitan dengan itu, Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Sumatera Selatan (DPW PKS Sumsel) berencana akan bersilaturahim ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kami ingin duduk bersama BPBD selaku pihak yang berwenang dalam hal ini, bencana kabut asap ini harus segera ditindak lanjuti,” ujar Wakil Ketua DPW PKS Sumsel, Erza Saladin, melalui sambungan telepon, Rabu (9/9).

Erza mengatakan PKS sangat prihatin dengan kondisi yang terjadi. Dikutip dari BeritaSatu bahwa saat ini di Sumsel terdata 631 hotspot atau titik api (7/9). Titik api tersebut tersebar paling banyak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten Banyuasin.

Menurut Erza, hal ini terjadi karena terbakarnya lahan gambut atau justru sengaja dibakar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. “Udara kita sudah tidak sehat, volume udara sudah sebagian besar bercampur dengan asap,” ujarnya.

BPBD sendiri, menurut penilaian Erza, telah melakukan yang terbaik, seperti modifikasi cuaca dengan hujan buatan, penyiraman dari udara ke titik api, serta terjun langsung ke lapangan. Namun persoalannya, tim ini juga harus disokong oleh pemerintah daerah, baik dari segi peralatan dan perlengkapan, pendanaan, serta hal lain yang menunjang.

Erza melanjutkan dampak kabut asap tidak hanya menghabiskan lahan hutan, tetapi juga berimbas kepada kesehatan masyarakat. “Jika hutan habis, daerah kita ini akan semakin panas, belum lagi dampak kesehatannya, akan banyak yang terkena ISPA atau bahkan lebih parah lagi terkena kanker paru-paru,” jelasnya.

Erza pun mengajak segenap masyarakat Sumsel untuk tidak membakar lahan. Apabila ada kebakaran lahan, dia mengimbau masyarakat segera memadamkan api. Terkait dengan hujan yang tidak kunjung turun, Erza mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat Istisqa.

Silaturahim DPW PKS Sumatera Selatan ke BPBD merupakan salah satu kegiatan pendukung Musyawarah Nasional (Munas) ke-4 PKS dari daerah. Tema utama Munas “Berkhidmat untuk Rakyat” direfleksikan jajaran struktur dan kader PKS Sumsel melalui kegiatan “PKS Peduli Musibah Kabut Asap”. Puncaknya, pada Ahad (13/9/2015) PKS Sumsel akan menyelenggarakan bakti sosial terkait kabut asap.

Keterangan Foto: Wakil Ketua DPW PKS Sumatera Selatan, Erza Saladin.

Post a Comment

 
Top