GuidePedia

0
PALEMBANG (11/9) – Diterima di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Selatan Imam Mansur didampingi oleh Wakil Ketua Umum DPW PKS Sumsel Erza Saladin dan Sekretaris Umum DPW PKS Sumsel Irwan Irawadi, Jumat (11/9). Kehadiran rombongan pengurus DPW PKS Sumsel yang berjumlah enam orang tersebut disambut oleh Sekretaris BPBD Sumsel Cikdin Anang dan dr Zulferi.

Kunjungan DPW PKS Sumsel tersebut bertujuan untuk membahas masalah musibah kebakaran hutan dank abut asap di Sumsel.

“Kunjungan ini bertujuan untuk silaturrahim membicarakan masalah bencana kabut asap yang menimpa Sumsel, kita ingin berpartisipasi mengatasi permasalahan ini,” ungkap Imam Mansur membuka pembicaraan.

Selain itu, menurutnya dalam rangka menyambut Munas ke-4 PKS, wilayah diinstruksikan untuk melakukan bakti sosial.

Imam menyampaikan keprihatiannya terhadap musibah asap, dirinya juga mengapresiasi langkah BPBD Sumsel. Ketua FPKS Sumsel ini berharap persoalan ini bisa dicari akar persoalannya, salah satunya dengan melakukan penegakan hukum secara tegas kepada pelaku pembakaran hutan. Selain itu, pihak-pihak terkait juga harus memberikan bimbingan kepada masyarakat akan bahayanya, setidaknya untuk meminimalisir.

“BPBD harus melibatkan elemen masyarakat terkait persoalan ini baik yang bersifat kuratif dan preventif, bisa bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menemukan formula jitu mengatasi masalah bencana asap ini,” tambah Imam.

Erza Saladin menambahkan bahwa harus ada reward dan punishment. Reward atau penghargaan bagi yang aktif terlibat dalam pencegahan dan pemadaman api di lapangan dan punishment atau hukuman bagi pelaku pembakaran hutan.

“Harus ada reward dan punishment, mereka yang berjuang memadamkan api di lapangan harus diberikan penghargaan sebaliknya yang membakar hutan harus dihukum,” usulnya kepada BPBD.

Menanggapi masukan dari DPW PKS Sumsel, Cikdin Anang selaku Sekretaris Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sangat menyambut baik. Dirinya menjelaskan bahwa sejak Januari 2015 BPBD telah melakukan sosialisasi pencegahan dan kesiap siagaan. Hal ini dikuatkan pula dengan SK Gubernur tentang Sumsel Siaga Bencana Asap.

Sekreataris BPBD sendiri mengatakan bahwa pihaknya juga bersinergi dengan banyak pihak diantaranya Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian, TNI, dan Polri.

“Jadi kita ini tim, BNPB sebagai koordinator,” jelasnya.

BNPB, lanjut Cikdin saat ini telah memfasilitasi dua buah helikopter,  Teknologi Modifikasi Cuaca dan drone.

Di akhir pertemuan, DPW PKS Sumsel mengajak BPBD untuk ikut berpartisipasi pada acara bakti sosial DPW PKS Sumsel di Car free Day Minggu (13/9). Sekban berjanji akan menyampaikan hasil pertemuan dan undangan DPW PKS Sumsel kepada Kepala BPBD, Heriansyah.

Sumber: Humas PKS Sumatera Selatan

Post a Comment

 
Top