GuidePedia

0


MANADO (16/12) – Menyambut Hari Ibu Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan kunjungan kepada para tokoh pejuang perempuan Islam. Tokoh pertama yang dikunjungi adalah Ibu Bempa Arbi, sosok perempuan pejuang Islam di Sulut.

Ibu Bempa Arbi memang bukan pejuang kemerdekaan, beliau adalah pendiri organisai perempuan Islam pertama di Bumi Nyiur Melambai. Bersama dua temannya beliau mendirikan perkumpulan muslimah yang dinamakan Kerukunan Wanita Islam (KWI) pada tahun 1970. Sampai sekarang organisai KWI yang beliau dirikan masih eksis. Ranting-ranting KWI pun dengan mudah kita jumpai di seluruh Kota Manado, Kabupaten Minut, Kabupaten Minahasa, dan Kota Bitung.

Ketika kami bersilaturrahim ke rumah beliau di daerah Sea, beliau menitipkan tongkat estafet perjuangan kepada kami. “Berdakwalah dengan ikhlas, jangan karena mencari popularitas. Jika popularitas yang dikejar, maka gampang terpental di jalan dakwah. Dakwah juga butuh orang-orang yang siap berkorban,” pesan perempuan berusia 83 tahun ini.

Beliau bercerita, suatu hari saat akan mendirikan ranting di kota Bitung, beliau tidak memiliki uang untuk ongkos, dan beliau pun menggadaikan kalung emasnya. Mengharukan.


Tokoh kedua yang dikunjungi adalah Ibu Yusuf Ontowiryo, seorang tokoh perempuan Sulut yang sangat gigih berdakwah, generasi kedua setelah Ibu Bempa Arbi. Di usianya yang tidak muda lagi, perempuan berusia 71 tahun ini masih memimpin gerakan Kerukunan Wanita Islam Sulawesi Utara. Selain aktif sebagai daiyyah, perempuan energik ini pun masih tercatat sebagai salah satu pengajar di SD Islamic Centre Kota Manado.

Ketika kami datang mengunjungi beliau, ia menyambut kami dengan senyum penuh ceria, bagai menyambut anaknya yang baru pulang dari rantau. Merasa terpaut, beliau pun menunjukkan pada kami beberapa penghargaan yang beliau terima dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Begitulah cerita kami ketika mengunjungi dua tokoh perempuan inspiratif tersebut. Semoga kita selalu dapat bergandengan tangan berkhitmat untuk ummat di Bumi Nyiur Melambai.

Keterangan Foto: Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Sulawesi Utara saat mengunjungi tokoh perempuan inspiratif  Bempa Arbi dan Yusuf Ontowiryo.


Sumber: PKS Sulawesi Utara






Post a Comment

 
Top