GuidePedia

0

Jakarta (2/7) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membangun posko mudik di sejumlah titik strategis sepanjang jalur mudik di Jawa dan Sumatera. Posko yang dibentuk mulai dari posko tenda hingga posko bergerak (mobile).
Koordinator Pusat Posko Mudik Nasional PKS 2016 Yoyok Handoyo menuturkan, ragam posko yang dibentuk PKS disesuaikan dengan sifat kebutuhan di lapangan dan sumber daya internal kader di daerah.

"Karena pendirian posko-posko ini murni berasal dari kemampuan sumber daya internal kader PKS sendiri. Tujuannya untuk bisa melayani masyarakat yang sedang mudik. Jumlahnya sekitar 75 posko," ujar Yoyok di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2016).

Yoyok memaparkan, posko mudik yang dibentuk PKS terdiri dari Posko Utama, Posko Pendukung, dan Posko Tematik. Posko Utama memberikan pelayanan pijit dan takjil gratis terletak di setiap DPD PKS. Posko Pendukung melayani lima jenis pelayanan seperti fasilitas toilet, tempat istirahat, musala, minuman dingin, dan charging spot gratis. Sedangkan Posko Tematik memberikan tiga jenis pelayanan seperti posko medis, posko servis kendaraan atau posko pertolongan medis (rescue).

Selain tiga jenis posko yang menggunakan tenda, lanjut Yoyok, PKS juga menyiagakan Posko Bergerak (mobile) yang menggunakan mobil-mobil layanan PKS.

"Posko Bergerak ini tujuannya untuk menjangkau kumpulan pemudik yang beristirahat di sepanjang jalur mudik, yang memerlukan bantuan," jelas Yoyok.

Sejauh ini, papar Yoyok, sudah 8 Posko Bergerak yang siaga dengan rincian 3 Posko Bergerak di Jawa Barat, 2 Jawa Tengah, dan 3 Jawa Timur. Posko Bergerak tersebut memberikan pelayanan berupa informasi rute mudik, takjil gratis, brosur, hingga medis keliling.

"Sementara jumlahnya 8 posko. Kami masih terus mengupdate. Yang jelas, mobil Posko Bergerak ini koordinasi DPW dengan DPD PKS setempat," pungkas Yoyok.

Post a Comment

 
Top