GuidePedia

0
Serang (24/05) - Pimpinan Komisi II DPRD Provinsi Banten adakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Pengelolaan Sampah Berbasis Lingkungan Masyarakat”. Dalam diskusi tersebut dihadirkan narasumber yaitu Sri Wahyono dan Firman L. Sahwan yang keduanya dari BPPT serta Najib Hamas, sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Banten dan juga Sanuji Pentamarta, sebagai pihak penanggung jawab dalam pelaksanakan kegiatan ini.
Peserta yang diundang dari kalangan Anggota Dewan baik DPRD Tingkat I maupun DPRD Tingkat II, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, LPPM dari berbagai kampus di Banten, aktivis dari berbagai LSM lingkungan hidup, pegiat bank sampah dan juga pegiat pos pelayanan teknologi serta wartawan.
Menurut Politisi PKS ini, dari FGD ini para peserta diaharapkan mendapatkan informasi detail tentang bagaimana carut marutnya penanganan sampah oleh pemerintah baik di pusat maupun daerah. Baik dari sisi regulasi yang masih memiliki banyak kelemahan dan juga dari sisi implementasinya.
"Padahal penanganan sampah yang tidak serius akan berdampak luar biasa berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Sehingga harus ada kesadaran dan keseriusan dalam menangani permasalahan sampah tersebut," ujar Sanuji pada Rabu (24/05/2017). 
Menurut Pimpinan Komisi IV DPRD Banten Najib Hamas bahwa dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada, didukung oleh sumber daya manusia serta kemampuan pembiayaannya, pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah mampu melaksanakan pengelolaan sampah dengan lebih baik sehingga mampu memberikan jaminan keberlangsungan siklus kehidupan manusia di masa yang akan datang.
"Sesuai dengan judul FGD ini semua yang hadir sepakat bahwa dalam rangka efisiensi dan efektifitas dalam penanganan sampah terutama yang dihasilkan oleh masyarakat langsung akan lebih optimal apabila pengelolaannya dilakukan dengan berbasis lingkungan masyarakat itu sendiri," ujar Najib.
Najib mengimbau dalam skala komunitas lingkungan masyarakat terkecil baik itu RT maupun RW harus muncul kesadaran untuk melakukan langkah-langkah penanganan sampah. Tentunya dengan tetap mendapatkan dukungan dari pemerintah baik pusat maupun daerah. "Dan Insya Allah DPRD Banten akan menggas perda tentang pengelolaan sampah yang berkelanjutan,"tutupnya.

Post a Comment

 
Top