GuidePedia

0
KHARTOUM – Para WNI dan mahasiswa Indonesia di Sudan ikut menyambut kedatangan bulan Ramadhan 1438 H dengan menggelar acara Tarhib Ramadhan. Acara ini diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sudan. Namun pada kali ini, Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS Sudan juga mendapat kesempatan menjadi penyelenggara acara Tarhib ini bersama-sama dengan ormas islam lainnya yang ada di Sudan seperti PCI NU Sudan, PCI Muhammadiyah Sudan, dan PCI PERSIS Sudan. Keseluruhan organisasi masyarakat dan politik tersebut berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini baik sebagai panitia pelaksana, maupun juga sebagai hadirin dalam acara.
Tarhib Ramadhan ini diadakan tepat sehari sebelum tanggal 1 Ramadhan, yaitu pada hari Jumat (27/5) di sekretariat PPI Sudan di Khartoum. Panitia acara mengundang ulama keturunan Yaman Syaikh Labib Najib Al Yamani sebagai pengisi tausiyah dengan tema: “Bagaimana Kita Menyambut Ramadhan Serta Pembahasan Seputar Hukum di Dalamnya”.
Acara ini dibuka dengan lantunan hadrah yang dibawakan oleh tim hadrah PCI NU Sudan. Selanjutnya acara dibuka dengan tilawah Al Quran dan sambutan oleh Wakil Ketua PPI Sudan M. Ruhiyat Haririe, mahasiswa Omdurman Islamic University. Setelah itu acara dilanjutkan ke inti acara yaitu tausiyah oleh Syaikh Labib Al Yamani.
Syaikh Labib Al Yamani dalam tausiyahnya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan kepada para mahasiswa dan WNI lainnya yang hadir dalam acara. Kemudian beliau mengingatkan bahwa tujuan berpuasa adalah untuk menjadi hamba yang bertakwa. Beliau juga membeberkan berbagai keistimewaan Ramadhan, di antaranya berpuasa akan diberikan pahala langsung dari sisi Allah, kemudian kebahagaian seseorang saat berbuka puasa, serta doa yang mustajab di saat berbuka puasa, dan hal-hal istimewa lainnya. Di penghujung acara, beebrapa mahasiswa menyempatkan untuk bertanya kepada beliau seputar ibadah-ibadah di bulan Ramadhan.
Walaupun acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa, namun Tarhib Ramadhan ini disambut dengan meriah dan dihadiri oleh para WNI lainnya, baik dari kalangan mahasiwa, para staf KBRI Khartoum, para ekspatriat maupun para TKI lainnya. Ini merupakan pertanda kerjasama yang baik antara seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa di Sudan, dan tentunya menjadi awal yang baik dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Post a Comment

 
Top