GuidePedia

0



Celoteh anak  secara spontan adalah gambaran kejujuran hatinya, ungkapan perasaan, sekaligus endapan pikiran yang pelan tertanam secara rutin di benaknya. Ia akan mengungkapkan sesuatu yang telah disaksikan dan dilihat secara nyata.

Tak kan kau dapati pada fitrahnya yang suci, sebuah kepura puraan,  sebuah rekayasa , apalagi imitasi. Inilah gambaran fitrah suci.
Jika kau ingin menatap kesucian hidup,  tataplah sorot mata seorang bayi.  Kalimat hikmah filosofis yang sarat makna untuk merenungi sebuah kehidupan.

Seorang anak akan lebih mudah belajar makan sambil duduk misalnya,  jika sehari hari dia selalu melihat  ayah ibunya makan sambil duduk. Demikian juga seorang anak akan mudah mengucapkan kalimat " meminta maaf" jika sehari hari umi abinya tidak berat untuk meminta maaf, jika terlanjur melakukan kesalahan , termasuk saat melakukan salah terhadap anak.

Dalam kehidupan ,  penanaman nilai dan pemahaman tentang suatu hal, akan lebih mudah diajarkan dengan contoh nyata. inilah makna keteladanan.  jauh lebih efektif. Kata kata akan tetap memberi pengaruh, akan tetapi tindakan nyata jauh memberikan pengaruh besar dalam menanamkan sebuah pemahaman ,   khususnya terhadap anak2.
Kecil peluangnya ,memiliki anak yang sopan dalam bertutur kata, manakala lingkungan keluarganya terbiasa dengan "kalimat kalimat kasar"

Ramadhan , mengajarkan kita untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik secara nyata bagi kehidupan.
Pengendalian diri, kedisipilinan, kebersamaan, kesabaran, kasih sayang,  kedermawanan, kesantunan,  ketelatenan, kekhusyuan adalah diantara sekian kebaikan dari banyak kebaikan yang NYATA bisa dipraktekkan seluruh keluarga, kaum muslimin muslimat.

Iman mesti diiringi dengan amal nyata, kata kata akan bernash dengan keteladanan,  nasehat menjadi efektif dengan bersama sama melakukan, buku resep akan terasa manfaat jika dipraktekkan, petuah akan kokoh dengan contoh,

Ramadhan kareem, hadiah indah dari Allah  untuk kita bisa  mempraktekkan semua yang telah kita pelajari.

Bukit Cimanggu City,


@Sri Kusnaeni
13 Ramadhan 1438 H

Post a Comment

 
Top