GuidePedia

0

SURABAYA (8/9) PKS Muda Jatim menyelenggarakan Aksi Peduli Rohingya pada Jum'at, 8 September 2017 di depan Tugu Pahlawan Surabaya.
PKS Muda adalah kumpulan anggota-anggota PKS berusia muda, juga sebagiannya aktif di sayap kepemudaan PKS seperti Garuda Keadilan dan Gerakan Persaudaraan Pemuda Keadilan (Gema Keadilan) serta komunitas-komunitas anak muda lainnya.
Aksi yang dimulai pukul 13.00 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Aksi juga diiringi dengan musikalisasi puisi oleh Tholhah dan Santika. Para peserta aksi tampak melambai-lambaikan bendera Merah Putih selama aksi berlangsung.
Koordinator Aksi, Yudha Permana Putra, dalam orasinya menyampaikan bahwa sebagai anak muda yang mencintai perdamaian, tentu merasa terusik dan prihatin akan adanya tragedi kemanusiaan di Rohingya. "Kita menginginkan dunia internasional turun tangan menghentikan tragedi ini. Genosida, ethnic cleansing yg terjadi di Myanmar ini sudah masuk kategori kejahatan atas kemanusiaan yang mesti diajukan ke mahkamah internasional," ujar pemuda asal Bojonegoro ini.
Sekjen Gema Keadilan Jatim ini juga menyampaikan bahwa anak muda bisa berperan dalam menciptakan kedamaian. "Hentikan menyebar berita hoax, kita sebarkan pesan-pesan kedamaian dan antipenindasan. Viralkan yang terjadi sesungguhnya di Rohingya," ajak Yudha dalam orasinya.
Achmad Zakaria, Ketua Bidang Kepemudaan PKS Jatim, menyampaikan bahwa persoalan Rohingya adalah persoalan semua kalangan. "Yang jelas, pembantaian dan penindasan di Rohingya harus segera dihentikan. Bantuan mesti segera disalurkan kepada mereka, yang tak lagi punya rumah dan kampung halaman karena rumah-rumah dibakar dan penduduk diusir," kata Zakaria prihatin.
Zakaria juga menyampaikan bahwa perlindungan dan bantuan mesti diprioritaskan kepada perempuan dan anak-anak. "Mereka adalah harapan masa depan Rohingya. Karena itu mesti dipertahankan hidupnya, keselamatannya," kata pemuda yang juga anggota DPRD Surabaya ini.
Turut memberikan orasi dalam aksi ini para Tokoh pemuda Jatim, antara lain Ketua KNPI Surabaya Kemas Eka Saktiawan, Ketua Karang Taruna Surabaya HM Arif An, Anggota DPRD muda asal Tuban Warsito, dan sejumlah tokoh muda lainnya.
Juga hadir dan berkesempatan memberi orasi, Ketua Umum DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto dan Ketua Umum DPD PKS Sidoarjo Anang Ma'ruf.
Selama aksi, para peserta aksi membawa berbagai poster dukungan bagi kedamaian di Rohingya dan kecaman terhadap junta militer dan pihak-pihak yang melakukan penindasan di Myanmar. Peserta aksi juga tampak menyatakan keprihatinannya dengan berbagai emoji/emoticon (emotion icon) dalam bentuk topeng wajah. 

Dalam aksi peduli Rohingya ini juga dilakukan penggalangan dana dan sumbangan lainnya. Gandring AS, Koordinator PKS Muda Jatim, menyampaikan bahwa bantuan akan disalurkan kepada lembaga-lembaga kemanusiaan yang terpercaya. "Kita akan terus lakukan penggalangan dana dan akan kita umumkan perolehannya secara berkala, serta penyalurannya," jelas Gandring.

Post a Comment

 
Top