GuidePedia

0

Madiun (11/9) – Tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar, memantik reaksi dunia. Tak terkecuali anggota dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Madiun, Kamis (7/9) lalu. Mereka menggelar aksi damai di sejumlah titik jalan protokol Kota Madiun. Mereka mengajak seluruh umat Islam di Indonesia menyelamatkan etnis Rohingya.
‘’Mari selamatkan kaum Rohingya. Mereka diperlakukan tidak manusiawi,’’ ajak Ketua DPD PKS Kota Madiun Nursalim.
Aksi damai digelar di simpang lima Jalan Diponegoro, Jalan S. Parman, perempatan Klegen, perempatan Jalan H. Agus Salim, dan perempatan Tugu. Selain menggelar sejumlah poster, juga ada orasi.
‘’Perbuatan rezim Myanmar sudah keterlaluan dan kejam. Ini sudah mengarah ke upaya ethnic cleansing dan genocide. Harus dicegah dan dihentikan,’’ kecamnya.
Aksi tersebut, imbuh Nursalim, merupakan solidaritas bangsa Indonesia terhadap masalah yang menimpa etnis Rohingya. Aksi damai dilaksanakan sekitar tiga jam, mulai pukul 15.00-18.00.
‘’Aksi damai ini juga kami manfaatkan untuk penggalan-gan dana yang akan kami salurkan kepada korban Rohingya,’’ paparnya.
Koordinator Lapangan Eko Suprianto juga mewacanakan dukungannya atas kewarganegaraan etnis Rohingya. Dia juga mengkampanyekan secara khusus, perlindungan terhadap anak dan perempuan etnis Rohingya.
‘’Kami meminta pemerintah Indonesia, ASEAN, OKI dan PBB bertindak nyata dan cepat dalam membantu para korban itu,’’ desaknya.

Post a Comment

 
Top