GuidePedia

0
PKS sebagai partai yang dekat dengan anak muda telah memunculkan maskot Lima Sahabat Muda PKS, yaitu Kea, Adi, Dilan, Eja, Tera. Kelima nama ini merupakan ‘nickname’ yang diambil dari kata ‘Keadilan Sejahtera’. Kelimanya juga merepresentasikan wajah anak-anak muda yang ramah, gaul, sholeh, lincah dan intelek.

Profil Lima Sahabat Muda PKS

Adapun profil singkat dari kelima sahabat muda PKS sebagai berikut.


SAHABATMUDA

Kea adalah mojang Sunda berjilbab lebar ini punya sifat perhatian, penyayang, suka menolong, suka menasehati, pecinta buku tapi mudah ngambek.

Adi adalah anak muda yang gaul sporty, humoris, asyik diajak berteman, dan mudah galau.

Dilan adalah cowok yang rajin, suka menolong, pemberi solusi, punya leadership, dan kadang moody. Dilan adalah anak kos yang berasal dari Sumatera, tapi suku Jawa.

Eja adalah gadis berjilbab yang pintar, kutu buku, namun tidak terlalu sering update socmed. Eja berteman dekat dengan Kea yang mengantarnya semakin dekat mendalami Islam.

Tera adalah cewek manja, galak, lucu, gaul, anak orang kaya, selalu update soal gadget, dan dijuluki miss socmed. Tera juga mendalami Islam sejak dekat dengan Kea.

Kelima karakter ini dimunculkan menjelang Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015, untuk mengisi momentum sumpah pemuda dengan karakter kartun bergaya anak muda. Bersamaan dengan itu pula disematkan kutipan bernas dari Presiden PKS, Mohamad Sohibul Iman, Ph.D., “Pemuda gak pernah buntu, selalu hadir dengan ide dan karya bermutu“.

IMG-20180128-WA0030

Kampanye Kreatif

Kehadiran kelima maskot ini tentu disiapkan dengan penuh perencanaan dan strategi. Anak muda sebagai ‘The New Majority‘ merupakan wajah masa depan Indonesia di masa mendatang. Kelima maskot ini adalah sarana kampanye kreatif (creative campaign) untuk meramaikan konten media sosial yang seirama dan senafas dengan anak muda. Kelima maskot sahabat muda ini juga dirancang untuk menciptakan ‘new behaviour‘ di era kampanye partai politik yang semakin modern dan serba digital.
Hari Peduli Sampah
Hari Peduli Sampah

Di berbagai event dan momentum, kelima karakter yang dibuat oleh PKS Art (Komunitas Desainer PKS) ini juga meramaikan kanal-kanal media sosial yang dipublikasikan oleh struktur, kader hingga simpatisan. Mulai dari hari besar nasional, hari besar internasional, hari besar Islam, hingga kampanye positif dalam pemilu dan pilkada.

billboard(2)

Kesamaan Nama ‘Dilan‘, Kebetulan atau Kesengajaan?

Salah satu karakter dari lima sahabat muda PKS bernama Dilan. Pada saat yang sama juga sedang hangat dan trend film berjudul Dilan, yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq. Kesamaan nama ini sama sekali bukan kesengajaan dan hanya kebetulan belaka. Nama Dilan murni diambil dari kata ‘Keadilan’, yang merupakan salah satu kata dari ‘Partai Keadilan Sejahtera’. Seperti keempat nama yang lainnya, penentuan nickname ini memang diambil dari ‘Keadilan Sejahtera’, karena kelima tokoh kartun ini memang merupakan sarana kampanye kreatif PKS untuk meramaikan media sosial.

@ariepoernama @pksart

 

Post a Comment

 
Top