GuidePedia

0

Pekanbaru (17/09) -- Data masyarakat yang datang hingga hari ini (Senin, 16/09/2019) berjumlah 457 orang. Terdiri dari 361 pasien yang berobat, dan 120 orang pengungsi (lansia 2 orang, dewasa 41 orang, anak-anak 49 orang dan balita 27 orang). Hal tersebut diungkapkan Susilo Harjo Ketua Posko Kesehatan Darurat Asap PKS (Senin, 16/09/2019) kemarin.
“Jumlah tersebut bisa terus bertambah, Bahkan hari ini, sudah mulai terjadi antrian pengunjung di Posko PKS, dan ini banyak belum kami rekap”, ungkapnya.
Dikatakannya bahwa sejak hari pertama posko tersebut dibuka (11/09/ 2019) masyarakat terus berdatangan ke Posko PKS, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, ibu hamil dan menyusui hingga lansia.
Rata-rata warga yang datang untuk memeriksa kesehatannya dan mengungsi karena mulai merasakan dampak dari cuaca yang tidak sehat, bahkan sudah pada level bahaya berdasarkan data dari AirVisual dan BMKG.
“Bahkan, beberapa warga yang kita jemput di malam hari, sudah mengalami demam tinggi hingga muntah-muntah”, tuturnya.
Posko yang beralamat di kantor DPW PKS Riau, Jl. Soekarno Hatta No.24 tersebut dilengkapi dengan ruang ber-AC, pemurni udara, oksigen murni, P3K, tenaga kesehatan (Dokter dan perawat), masker, box bayi, ruangan laktasi, dan fasilitas lainnya yang ramah anak, ibu hamil serta menyusui.
Selain itu, posko PKS juga menyediakan mobil ambulans untuk masyarakat yang tidak memiliki akses kendaraan atau dalam kondisi darurat, misalnya saat tengah malam.
“Posko PKS ini diperuntukan untuk siapa saja yang ingin mendapat layanan akibat asap. Semuanya kita berikan gratis dan buka 24 jam, ini sebagai wujud #PKSPelayanRakyat”, lanjut Susilo.
Lelly Pane, salah satu warga Pekanbaru yang sudah tiga hari mengungsi di Posko PKS, melalui akun facebooknya mengungkapkan rasa bangga terhadap pelayanan yang diberikan PKS.
“PKS ini dalam melayani masyarakat tidak kenal waktu, baik sebelum Pemilu maupun sesudah Pemilu tetap sama, tak pandang usia, suku adat bahkan agama. Sudah tiga hari kami di sini mendapatkan udara yang jauh lebih segar, daripada kami tetap diam dalam rumah sendiri”, ungkap pemilik akun Facebook Lelly Pane tersebut.
“Bukan Cuma masalah udara bersih yang kami peroleh, bahkan masalah perut kamipun mereka pikirkan. Mulai dari sarapan hingga makan yang berat mereka usahakan tersedia, bisa di bilang Posko ini sudah seperti rumah sakit bahkan hotel, luarr biasaa PKS”, lanjut Lelly.
Posko Kesehatan Penanggulan Darurat Asap PKS Riau juga membuka ladang amal bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan. Bisa langsung datang ke Posko PKS atau transfer melalui Rekening BSM 1000 543213 An. P2B YLKI.
Bagi warga yang membutuhkan bantuan atau info lebih lanjut dapat menghubungi Call Centre 0823 8503 5313

Post a Comment

 
Top