GuidePedia

0


Hujan yang terus menerus turun sejak selasa 31 desember 2019 sampai sekarang membuat sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami banjir, menurut infomasi dari BNPB sejumlah wilayah di Jabodetabek terendam banjir dengan ketinggian bervariasi dari 30 cm hingga 200 cm. Berdasarkan hasil pemantauan, terdapat 7 kecamatan di Jakarta Selatan dan 10 kecamatan di Kota Bekasi yang terendam banjir. Sebaran titik terdapat di sejumlah wilayah baik di DKI Jakarta, Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi.

Menarik hampir setiap titik bencana yang terjadi di pastikan ada tim relawan dari PKS, tentu bersama dengan timTNI, Polri dan relawan bencana lainnya yang ikut membantu mengevakuasi korban banjir, mendirikan posko bantuan, menyediakan makanan, dan obat-obatan.

Banyak kalangan yang mengakui kinerja PKS sebagai sebuah Partai Politik selalu terdepan dalam membantu berbagai macam bencana di Indonesia.

Bukan perkara yang mudah membentuk semangat berbagi pada sesama, hadir ikut merasakan, dan membantu kesusahan orang lain, karena itu adalah semangat yang di miliki oleh orang yang telah memahami pentingnya berbagi dan merasakan penderitaan, kesedihan orang lain adalah penderitaan dan kesedihan dirinya sendiri. PKS sudah buktikan kiprahnya sejak Partai politik ini berdiri mulai dari PK sampai berganti menjadi PKS, tidak pernah surut, berkurang, tetap konsisten membantu korban bencana alam.

Terbayang dalam pikiran saya jika semua rakyat Indonesia memiliki semangat yang sama seperti PKS dalam membantu di setiap musibah, maka akan segera terselesaikan setiap bencana atau musibah yang terjadi.

Membantu sesama tidak hanya menjadi nilai ajaran pada agama, atau doktrin pada sebuah Partai Politik seperti PKS, tetapi sudah menjadi nilai asasi pada konstitusi bangsa Indonesia, dan bahkan para pejuang bangsa telah banyak mewariskan semangat kepedulian kepada sesama tanpa memandang suku maupun agama apapun.

Bangsa Indonesia perlu belajar ketulusan dari PKS dalam hal membantu kepada sesama. Karena semangat ini sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa, mewujudkan kekuatan dan kekokohan nasionalisme, bukan hanya retorika panjang tanpa ada bukti yang nyata, terimplementasikan dalam kerja.

Bukan lagi saatnya berdebat tentang politisasi bencana, di hadapan kita ada sebuah fakta bahwa Indonesia, sedang mengalami bencana kebanjiran yang sangat memerlukan bantuan kita semua, banjir hampir mengenangi wilayah Jabodetabek, mari singsingkan lengan baju, kita bantu bersama bergotong royong membantu dengan harta, tenaga dan pikiran untuk negeri Indonesia tercinta.

Bekasi, 2 Januari 2020
Rosandi Ardi Noegraha
Dosen & pegiat sosial

Sumber : http://www.suaramedan.com/2020/01/pegiat-sosial-bangsa-indonesia-perlu.html?m=1

Post a comment

 
Top